Halaman

Minggu, 14 April 2013

Keunikan Jalan Pramban Surabaya


Mungkin sudah banyak yang tahu ini, terutama penduduk Surabaya / bro semua yang sering lalu lalang ke kota ini. Namun tidak ada salahnya saya share.
Keunikan Jalan Pramban Surabaya
Jalan Pramban Surabaya

Siapa yang pernah melintas di jalan Praban, Surabaya, pasti akan merasakan keganjilan dan keanehan tersendiri. Jalan yang terletak di wilayah Surabaya Utara tersebut memang sangat familier bagi sebagian penduduk Surabaya karena dikenal tidak umum. Jika umumnya lalu lintas kendaraan di Indonesia berjalan di lajur kiri, tidak halnya dengan jalan Praban ini yang justru sebaliknya. Yap, di jalan ini kita pengendara akan berjalan melintas di jalur sebelah kanan layaknya di Amerika. Karena itulah jalan ini lebih tersohor dengan julukan jalan Amerika di kalangan arek-arek Suroboyo.

Bukan tanpa alasan pemerintah kota menerapkan aturan istimewa pada jalan ini. Karena jalan ini berada di wilayah padat niaga atau pusat ekonomi kota Surabaya. Diapit oleh jalan Blauran dan jalan Tujungan yang sangat padat dan amat berpotensi terjadi kemacetan. Maka dengan cerdiknya pemerintah kota memodifikasi jalan ini yang tentu untuk mengurai kemacetan. Alhasil, jalan yang jadi tempat mangkal pedagang sepatu KW ini tak ubahnya jalan di negara Barat. Kiri menjadi kanan, kanan menjadi kiri. Ide yang cerdas untuk ditiru bagi kota besar yang menderita kemacetan akut layaknya Jakarta.
Gimana bro? tahu yang aneh nggak? lajur kanan harusnya dikiri dan lajur kiri harusnya di kanan...

Jalan Praban ini unik karena memiliki arus lalu lintas yang berlawanan dari jalan normal lainnya di indonesia. Di jalan praban arus nya berlawanan dari biasanya. Jadi melaju di jalan ini mungkin serasa memakai mobil setir kiri di jalan Indonesia. Rasanya aneh. Apalagi ketika di perempatan bukannya lurus malah belok dan masuk ke jalur yang semestinya di jalur normal adalah arus berlawanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar